Review Gadis Kretek

Judul: Gadis Kretek

Penulis: Ratih Kumala

Jumlah hal: 284

review galau mode on

Baru buka beberapa lembar, buku ini udah bikin gw senyum. Manis banget. Sumpah. Gara garanya gw nemu tulisan begini: MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. Gw senyum bukannya karena lucu, tapi lebih karena kebiasaan. Jadi gw suka senyum senyum sendiri gitu. Hahaha, ya enggak gitu juga lah. Gw senyum karena itu pengalaman pertama gw nemu buku novel, tapi ada tulisan begitunya. Kaya rokok. Meski kalo dipikir pikir sih emang masuk akal juga, karena buku ini emang kebanyakan bercerita tentang rokok.
Jadi ceritanya, ada bos rokok Kretek Djagad Raja namanya Pak Raja yang lagi sekarat, terus manggil manggil nama Jeng Yah. Pengen ketemu gitu. Tapi, diantara ketiga anaknya (Tegar, Karim, & Lebas), dan satu istrinya, tuh enggak ada yang tahu dimana Jeng Yah berada. Satu satunya clue, cuma perkataan Pak Raja yang bilang bahwa terakhir kali ketemu di Kudus. Maka, ketiga anaknya pun kemudian pergi ke Kudus, nyari Jeng Yah. Jadi, kira kira ketemu enggak mereka sama Jeng Yah?
Selain itu, buku ini juga menceritakan tentang masa lalu tentang awal mula berdirinya pabrik rokok Kretek Djagad Raja, yang ternyata mempunyai kisah yang mengharu biru, penuh dengan cinta, dan dendam di tengah kepulan asap rokok yang membubung di bumi nusantara yang masih muda. Di bagian ini, gw dikasih pengetahun tentang bahan bahan buat bikin rokok, yang bikin gw manggut manggut ngerti, dan juga dikasih cerita menyedihkan, yang bikin gw ngelus ngelus dada gw sendiri, karena kalo ngelus dada orang lain, takut digaplok pake kaki. Tapi untung saja enggak sampai bikin gw jadi galau, karena begitu gw selesai baca buku ini, gw secara refleks malah tersenyum penuh dengan kelegaan. Plong rasanya. Kenapa jadi plong?  Mending baca aja sendiri bukunya, ntar juga ngerti kenapa jadi plong. Hahah.
Tapi, sayangnya, cerita yang keren itu tidak dibarengi dengan penulisan buku ini. Ada banyak salah ketek, eh ketik, dan ada pula yang salah nulis nama. Semoga saja dicetakan selanjutnya, hal itu sudah bisa diperbaiki. Semoga. Dan satu lagi, gw agak kurang sreg dengan penamaan kota yang hanya disebut sebagai kota ‘M’. Kenapa bukan nama saja. Kesannya jadi tidak realistis, sementara kota kota yang lain justru diberi nama sebenarnya. Contohnya Magelag, Kudus dan lainnya.
Err..tapi apa pun itu, buku ini masih sangat layak untuk dibaca. Buku ini sukses bikin pencitraan yang baik buat rokok. Rokok jadi terlihat tidak menyesakkan dada, sebaliknya, malah menyunggingkan senyum di bibir gw. Senyum manis lagi. Hahaha. #kabursebelumditimpuk

Rating 4 out of 5

review galau mode off

3 thoughts on “Review Gadis Kretek

Comment

