[Review] Misteri Kalung Setan

misteri_kalung_setan

“Ceritakan padaku tentang kolang kaling!”  pinta seorang wanita.
Kemudian si lelaki membacakan tulisan ini:

Anton punya istri namanya Eliza. Anaknya bernama Amelia. Suatu malam Eliza terbunuh dengan misterius. Kalungnya jadi hidup dan mencekik lehernya. Sejak kejadian itu, Amelia mentalnya jadi terganggu. Tak bisa bicara dengan baik, hanya keluar suara; shiisisii..taa..ta….
Kemudian Anton punya istri baru. Ningsih namanya. Punya anak lagi. Solavina dan Rudi. Ningsih gila harta, begitu pula Solavina. Suatu ketika Anton pergi mengambil kalung yang masih melingkar di leher Eliza, istrinya. Malam malam, ia pergi ke kuburan Eliza, membongkar, dan mengambil kalungnya, dan diakhiri dengan mengencingi kerangka Eliza.
Yah, semua itu dilakukan atas perintah dukun sakti, sebagai syarat agar Anton bisa menguasai harta Amelia.
Dan, mulai saat itulah, teror kemudian menghantui kehidupan Anton.

Misteri Kalung Setan ibaratnya kisah perebutan harta dengan bumbu supranatural. Mainannya setan. Sayangnya, tidak ada perkelahian antara setan dan manusia, seperti di buku Abudllah Harahap yang saya baca sebelumnya, Misteri Perawan Kubur. Yang ada hanya manusia yang dimangsa setan, ini pun caranya tidak terlalu kreatif. Mengapa harus berhubungan dengan birahi? Nanggung pula.  Mungkin ini memang disengaja, sebab penulis dikenal sering menyisipkan erotisme ke dalam buku bukunya.

Buku ini tidak berhasil membuat saya ngeri dan takut, tapi pertanyaan pertanyaan yang timbul ketika membaca buku ini sudah cukup untuk menggantikan kekurangan tersebut. Siapa yang membunuh Eliza. Apakah sebenarnya setan yang ada di kalung itu. Mengapa Amelia diberi obat telur mentah, lalu dimakan dengan cangkangnya. Berpihak kepada siapakah setan itu. Dan semua pertanyaan itu terjawab ketika buku ini selesai dibaca.

Kemudian yang menarik lagi ialah bentuk asli setan kalung itu sendiri. Namanya Kolang Kilung. Kalau melihat covernya, bentuknya seperti ular betulan yang mengerikan. Tapi aslinya sama sekali lain.

Ujung yang satu sama besar dengan ujung yang lainnya. Hanya jika salah satu ujung itu terangkat, dan tampak bintik bintik merah kehijuauan, dapat ditebak, ujung itulah kepalanya. Dan ketika ujung lainnya yakni ekornya mengibas ngibas, terdengarlah suara berdesis samar samar dari lubang kecil menganga pada bagian bawah. Lubang duburnya.

Misteri Kalung Setan ialah kisah umat manusia yang takluk oleh nafsu dunia sehingga menghalalkan berbagai cara yang justru menjadi bumerang. Kemudian semua i..


“Cukup!! Mana kolang kalingnya?”, tanya si wanita.
“Kolang kaling?”, si lelaki balas bertanya.
“Iya, kolang kaling!”
“Bukan kolang kilung?”
“Bukaaannn!!” *gebrak gebrak meja*

Judul Buku: Misteri Kalung Setan
Penulis: Abdullah Harahap
Jumlah Halaman:336
Penerbit: Paradoks

Rate

Rate

Advertisements

7 thoughts on “[Review] Misteri Kalung Setan

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s